Pulau Jawa mempunyai jejeran gunung dengan type strato atau kerucut yang membubung tinggi karena terletak ada di zone konvergen, yakni tatap muka di antara lurus Eurasia dengan lurus Indo-Australia. Gunung-gunung di Pulau Jawa banyak yang jadi arah rekreasi untuk rutinitas pendakian atau piknik. Tidak kecuali dengan 6 jejeran gunung paling tinggi di Jawa di bawah ini. Berikut ulasan dari salah satu perusahaan travel, yaitu Muhtadi Travel.

Daftar Nama Gunung Tertinggi di Jawa

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet ada di tepian di antara Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, Propinsi Jawa tengah. Dengan ketinggian seputar 3.428 mdpl, Gunung Slamet jadi gunung paling tinggi di Jawa tengah dan gunung paling tinggi kedua di Pulau Jawa.

Kecuali populer dengan medan pendakiannya yang cukup susah dan melawan, di kaki Gunung Slamet ada tempat wisata alam Baturraden sebagai tempat wisata favorit di Kabupaten Banyumas.

2. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing ada di tiga daerah kabupaten, yakni Magelang, Temanggung, dan Wonosobo, Propinsi Jawa tengah. Dengan ketinggian seputar 3.371 mdpl Gunung Sumbing membuat rentang alam gunung kembar bersama Gunung Sindoro, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Lajur pendakian ke pucuk Gunung Sumbing dapat lewat Garung, Capit Parakan, Perlu Kaliangkrik, Bowongso, dan Sipetung. Salah satunya yang cukup terkenal ialah lewat Desa Perlu yang disebut sebagai Nepal van Java karena menyediakan view permukiman masyarakat yang nampak unik seperti pada Nepal.

Saat yang diperlukan untuk mendaki dari basecamp Perlu Kaliangkrik sampai ke pucuk seputar 6-8 jam. Ada 4 pos yang perlu dilewati saat sebelum capai Pucuk Sejati pada ketinggian 3.371 mdpl.

3. Gunung Semeru

Gunung paling tinggi pertama di Jawa ialah Gunung Semeru yang mempunyai ketinggian seputar 3.676 mdpl. Dengan ketinggiannya itu, Gunung Semeru jadi gunung berapi paling tinggi ketiga di Indonesia sesudah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Gunung ini ada di daerah administratif Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dan ada dalam teritori Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pucuk Gunung Semeru dikenali dengan pucuk Mahameru sementara kawah di pucuk Gunung Semeru dikenali dengan panggilan Jonggring Saloko.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno adalah gunung paling tinggi kedua di Jawa Timur sesudah Gunung Semeru dan gunung paling tinggi keempat di Pulau Jawa. Gunung dengan ketinggian seputar 3.339 mdpl ini ada di bawah pengendalian Taman Rimba Raya Raden Soerjo.

Gunung Arjuno ada di samping barat Batu, Jawa Timur dan berdekatan dengan Gunung Welirang. Gunung ini jadi salah satunya arah pendakian yang dapat didaki dari bermacam arah.

Kecuali menarik untuk maksud pendakian, di teritori Gunung Arjuno ada tempat wisata Air Terjun Kakek Bodo yang cukup populer dan adalah salah satunya lajur pendakian ke arah pucuk gunung.

5. Gunung Raung

Gunung Raung ada di tiga daerah kabupaten di Jawa Timur, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Dengan ketinggian seputar 3.332 mdpl Gunung Raung mempunyai pucuk paling tinggi di teritori Pegunungan Ijen.

Untuk capai pucuk Gunung Raung ada dua lajur pendakian, yakni lewat Sumber Waringin dan Kalibiru. Gunung Raung mempunyai empat pucuk yang dapat dieksplore dalam pendakian, yakni Pucuk Bendera (3.159 mdpl), Pucuk 17 (3.108 mdpl), Pucuk Tusuk Gigi (3.300 mdpl) dan Pucuk Sejati (3.344 mdpl).

6. Gunung Lawu

Gunung Lawu ada di tepian di antara Propinsi Jawa tengah dan Jawa Timur dan mempunyai ketinggian seputar 3.265 mdpl. Gunung berapi ini terdaftar meletus terakhr kali di tahun 1885 dan telah lama tidak aktif. Sementara di bagian lerengnya ada kepunden kecil yang keluarkan uap air dan belerang.

Untuk capai pucuk Gunung Lawu ada empat jaur pendakian, yakni lewat Cemoro Kandang dan Candi Cetho di Jawa tengah, dan Cemoro Sewu dan Singolangu di Jawa Timur. Gunung Lawu mempunyai tiga pucuk yang dikenali bernama pucuk Hargo Dalam, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah yang disebut pucuk paling tinggi di Gunung Lawu.

Lereng Gunung Lawu sendiri dikenali sebagai salah satunya arah rekreasi yang cukup difavortikan, dimulai dari Tawangmangu, Cemoro Sewu dan Sarangan. Sementara di bagian bawah ada Candi Sukuh dan Candi Cetho yang disebut kompleks candi pada periode Kerajaan Majapahit.

Nah, itulah 6 deretan gunung tertinggi di Jawa yang Menakjubkan. Semoga bermanfaat

 

 

 

 

Sumber: https://www.bersosial.com/threads/6-deretan-gunung-tertinggi-di-jawa-yang-menakjubkan.66425/