Untuk mempercantik halaman atau ruangan, tanaman hias dapat menjadi pilihan tepat. Memanfaatkan tumbuhan alami untuk memberikan kesan dan keindahan akan memberikan keuntungan dari segi keindahan dan kesehatan.

Jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias pun sangat beragam, mulai dari tanaman berbunga, semak, pohon dan sebagainya. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai apa itu tanaman hias, serta jenis-jenis tanaman yang sering dimanfaatkan untuk dekorasi.

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah semua jenis tanaman yang sengaja ditanam untuk tujuan dekoratif atau sebagai hiasan. Tanaman hias bisa ditanam di taman sebagai pelengkap desain lanskap, ditanam pot yang diletakkan di dalam rumah atau di luar rumah, serta sebagai bunga potong.

Budidaya tanaman hias disebut dengan florikultur, khususnya untuk jenis tanaman yang berbunga. Untuk budidaya tanaman hias yang menghasilkan manfaat lebih luas lagi disebut dengan holtikultur. Hasil budidaya holtikultur juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kuliner, contohnya digunakan untuk garnish pada makanan.

Tanaman hias identik dengan tanaman berbunga. Namun ternyata bagian lain dari tanaman juga menentukan apakah sebuah tanaman termasuk kategori tanaman hias atau bukan. Sebab kesan keindahan suatu tanaman juga diperoleh dari daun, buah, batang, dan bahkan kulit kayu atau pepagan.

Warna dan wangi tanaman juga termasuk salah satu karakteristik tanaman hias. Contohnya adalah tanaman yang tidak berbunga tetapi kayunya mengeluarkan wangi yang khas. Karena sifat yang dimilikinya, maka tumbuhan ini bisa diletakkan di dalam rumah atau ruangan tertentu dan masuk dalam kelompok tanaman hias.

Budidaya Tanaman Hias

Suatu tumbuhan dapat dikategorikan sebagai tanaman hias jika memenuhi beberapa syarat tertentu, salah satunya adalah ditanam dan dirawat oleh seorang ahli taman. Contohnya adalah tanaman yang awalnya tidak masuk ke dalam kategori tanaman hias namun setelah dibentuk secara spesifik masuk dalam kategori tanaman hias.

menyiram tanamanPixabay

Misalnya tanaman yang dibentuk dengan metode topiari, yaitu dibentuk dengan cara dipangkas menjadi berbagai bentuk, seperti binatang, tokoh ternama, atau tokoh kartun tertentu.

Tumbuhan semak yang dirawat dan dipangkas secara berkala pun akan menjadi tanaman hias. Namun jika dibiarkan tumbuh liar dan tidak berbentuk indah, maka tidak bisa dikategorikan sebagai tanaman hias.

baca juga:  Satwa Harapan – Pengertian, Jenis, Contoh Budidaya, Fungsi & Manfaat

Budidaya tanaman hias berbeda dengan budidaya tanaman pertanian dan tanaman buah. Metode perawatannya pun berbeda agar menghasilkan kualitas tanaman yang baik, meskipun beberapa jenis tanamannya sama.

Contohnya adalah lavender yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias namun juga dibudidayakan untuk diambil minyaknya. Oleh sebab itu, metode penerapan budidaya pun berbeda.

Tanaman hias dibudidayakan untuk penampilannya, bukan untuk diambil bagian-bagian tanamannya guna keperluan lain, misalnya untuk pelengkap kuliner, obat-obatan, kecantikan, dan lain-lain. Sehingga unsur utama dari budidaya tanaman hias adalah kualitas penampilan tanaman.

Tidak semua jenis bunga dibudidayakan untuk menjadi tanaman hias. Pertimbangannya adalah pada beberapa jenis bunga hanya mekar pada musim tertentu atau tidak sepanjang tahun. Oleh karena itu, ahli taman menggunakan metode tertentu agar tumbuhan berbunga dalam jangka waktu lebih lama dari seharusnya.

Selain itu, tanaman hias berbunga juga dibudidayakan karena wanginya, serta ada pula yang dibudidayakan karena bentuk dan warnanya yang indah.

Beberapa tanaman hias dibudidayakan karena memilki warna daun yang mencolok. Warna daun yang dianggap cantik sangat beragam, mulai dari hijau, oranye terang, merah, hingga kuning.

Ada pula jenis tanaman berdaun gugur, serta ada juga jenis evergreen alias tumbuhan hijau sepanjang tahun. Selanjutnya, tanaman hias jenis rumput-rumputan dengan berbagai macam bentuk dan warna yang cantik.

Aneka Jenis Tanaman Hias

Tanaman hias bisa dikatakan indah dapat dilihat dari bunga, daun, bentuk keseluruhan tanaman, serta wangi yang dihasilkan. Berikut ini beberapa jenis tanaman hias beserta contohnya, antara lain:

1. Bunga Hias

Jenis ini adalah tanaman penghias yang paling banyak diminati karena keelokannya. Bunga tumbuhan berwarna-warni serta memiliki wangi bunga alami yang memberi efek menenangkan dan menyenangkan.

taman bunga fotowisata.com

Contoh bunga yang dibudidayakan untuk tanaman hias adalah:

baca juga:  Panduan Ternak Burung – Peluang Usaha, 8 Jenis Burung Budidaya & Cara Pemeliharaan

2. Pohon Cemara

Pohon cemara dikategorikan sebagai tanaman hias karena bentuk tanamannya yang cantik dengan aneka ragam jenis. Sebagian ditanam dalam ukuran aslinya di pekarangan rumah, sementara sebagian lagi dapat dijadikan bonsai berukuran kerdil, sehingga bisa diletakkan di dalam ruangan.

pohon cemara Pixabay

Beberapa jenis cemara yang terkenal antara lain:

3. Kaktus Hias

Selain bunga, kaktus merupakan jenis tanaman hias yang juga banyak penggemarnya. Bentuk dan jenis kaktus sangat bervariasi, sehingga membuat banyak pencinta tanaman terpana karena tidak ada bentuk kaktus yang sama. Semua bentuknya unik dan menarik untuk dikoleksi.

jenis kaktus Pixabay

Berikut adalah beberapa jenis kaktus yang banyak digemari, antara lain:

baca juga:  Bunga – Pengertian, Bagian, Fungsi, Morfologi, Manfaat, Makna & Filosofi

4. Palem Hias

Palem seringkali dijadikan tumbuhan hias yang ditanam di pekarangan rumah. Daun dan betuk pohonnya menyerupai pohon kelapa, hanya saja ukurannya lebih kecil. Jenis palem beragam, beberapa jenis memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

palem evermotion.org

Beberapa jenis pohon palem yang paling digemari adalah :

 

 

 

Sumber:https://rimbakita.com/tanaman-hias/